Indonesia Financial Planning Expo 2012 (1)

Hari Sabtu lalu, saya baru menghadiri IFPE 2012. Sebuah expo garapan para Independent Financial Planner yang tergabung dalam Independent Financial Planners Club. Saya baru tau ada acara ini pas lagi mantengin twitnya @mrshananto di tanggal 15 Maret 2012. Saya minaat benjet ikut, soale ngerasa masi cetek ilmu perencanaan keuangannya dan baru ngeh juga, kalo ternyata itu ada 2 sesi early birdnya. Jadi, kalo beli antara tanggal 1-14 maret, maka harganya itu IDR 150K; 15-30 maret harganya 200K. Njleb  gk sih? Pan kalo tau kemaren trus langsung transfer, mayan yah bo, bisa irit 50K :D

Begitu tau ada acara ini, saya langsung semangat. Tapi sebelum bayar saya mikir dulu, gk mungkin saya kesana sendirian, karena saya gk mau cengo trus akhirnya gk ada temen buat diskusi. Mau ajak Abi, dese kalo hari sabtu masuk kerja. Trus, sempet sounding ke 2 orang temen, yang 1 minat tapi gk bisa karena udah ada acara, dan yang 1 lagi, tampak gk minat, karena begitu saya kasih tau, tanggapannya datar² aja. Muehehe. Gk patah semangat gitu aja doonnngg. Akhirnya coba telp ke Ibu, sapa tau beliau mau. Ternyata tanggal segitu Ibu udah ada janji. :’( trus, otak saya muteerrr terus, mikir, siapa yah, yang kira² tertarik dengan acara ini. Sampe akhirnya muncul lah sosok Iir di kepala saya. Aha! Dese kemungkinan besar mau nih, soalnya, kita satu guru *sama² pemerhati twit nya Mba Wina* huehehe. Daaann benar aja, pas saya tawarin trus kasih tau konsep acara juga HTM nya, dese minat dan bisa! Yiihaaa! Langsung lah cuss registrasi.

Sehari sebelum hari H, saya rada was² karena Abi pasang lampu kuning buat berangkat. Gegara pas hari itu masyarakat yang demo BBM lagi hot²nya. Abi takut kejadian kaya demo buruh waktu itu yang sampe ngeblokir jalan tol. Soalnya saya rencananya ke Jakarta sendirian pemirsa. Abi hari sabtu itu ada meeting dulu sampe sore dan baru nyusul mungkin malem²nya. Tapi Alhamdulillah, setelah Tanya sana sini, ngeliat reportase berita dan mantengin keadaan Jakarta via twitter, saya dapet ijin buat menuntut ilmu. Dari bandung dapet travel yang jam6 dan sampe ke SMESCO jam8an lewat dikit. Sebenernya saya ngarep bakal dapet buku gratis, tapi apadaya ternyata saya gk masuk ke dalam 65 orang yang datang pertama. Jadi yudadababay deh ke buku itu. *sayapunsebenernyagaktaubukuapayangdikasih* hahaha
 
permainan perkusi yang bikin semangat meletup² :D
Oke, acara mulai tepat waktu dengan permainan perkusi yang ciamik. Bikin mood ini bangkit buat tau seluk beluk per-investasi-an. Hihi. Di acara expo ini ada 9 materi yang disampein, diantaranya:
1.       Financial Mindset oleh Budi Raharjo dan Budi Pratama
2.       Prospek Investasi 2012 oleh Safir Senduk
3.       Islamic Financial Planning oleh Muhammad Teguh
4.       Sosialisasi Sistem Informasi Debitur oleh BI dan Aidil Akbar
5.       Gold vs Property oleh Ahmad Gozali & Tejasari
6.       Prospek Reksadana di Indonesia oleh Prita Ghozie
7.       Protection & Pension oleh Meike Rini & Kurnia S.
8.       Prospek Profesi Independent Financial Planner oleh Ligwina Hananto
Taaapiii dari 8 materi itu, yg saya ikutin mayan nyantol cuman 5 materi (yang saya kasih highlight). Hahahah. Sisanya? Kalo gk saya lagi sibuk Financial Check Up (saya check up sampe 2x loh!), lagi makan + sholat atawa lagi muter² ngumpulin souvenir dari booth² yg ada. Nyiahaha.
with @PritaGhozie owner ZAP Finance | cantik dh aslinya :D

with @mrshananto. si kecil² cabe rawit. IFP fav saya :')
Oke, saya review materi yang saya ikutin aja yah. Here it is:

Islamic Financial Planning – Muhammad Teguh (QM Financial)
Mas Teguh membuka sesinya dengan menceritakan bagaimana dia sering dapet pertanyaan² “emang ada ya, keuangan secara islami? Bedanya apa sama yang biasa? Produk keuangan yang halal itu kaya apa si?” dari pertanyaan² tersebut membuat dia paham, bahwa masih banyak orang yang belum terbuka pikirannya mengenai keberadaan juga pentingnya produk² syariah *saya setuju banget ini* *saya salah satunya soalnya* hihihi. Menurut Mas Teguh, setidaknya ada 4 perbedaan mendasar antara perencanaan keuangan syariah dengan yg konvensional:
1.       Cash flow management
Kalo dalam financial planning biasa (CFP), yang diutamain adalah penghasilan harus lebih besar dari pada pengeluaran dan mendahulukan investasi dibanding pengeluaran lainnya, kalo di Islamic Financial Planning (IFP) selain cash flow harus positif, juga mengutamakan membayar hutang dengan segera. Selain itu, perhitungan zakat juga harus masuk di cash flow. Jadi, zakat masuk ke pengeluaran rutin, entah itu bulanan atau pun tahunan. Nah, perhitungan zakat ini yang menjadi salah satu keunikan dari cash flow di IFP. Kira² prioritas pengeluran bulanan dalam IFP seperti ini:
a) bayar hutang;
b) bayar zakat;
c) investasi;
d) kebutuhan rutin;
e) lifestyle.
Urutan² prioritas di atas jangan sampe terbalik ya, karena kan ngitung zakat itu dari penghasilan bruto. Kalo udah keburu kepake buat belanja sana sini, baru ngitung zakat, nanti dana yang udah dipake sebelumnya belum dizakatin dong. :)

2.       Set up prioritas tujuan keuangan
Kalo masalah set up prioritas ini, ada benchmark khususnya, yakni tingkat hukum dalam islam, maksudnya kaya wajib, sunnah, dst nya. Dalam Islam itu, ada 5 terminologi hukum: wajib (harus dilakuin), sunnah (dianjurkan untuk dilakuin), mubah (boleh dilakuin), makruh (sebaiknya dihindari) sama haram (harus ditinggalkan). Kalo misalnya  nih kita saat ini ada tujuan, dimana tingkat hukum dari tujuan²nya adalah wajib, satunya sunnah trus satunya lagi mubah, so, bisa ditentuin dong, mana yang bakal kita duluin. Wajib dulu, kemudian sunnah dan yang terakhir mubah. Coba dipilih antara pergi haji sama travelling ke singapura, lebih prioritas mana? Kalo nanyanya ke Islamic Financial Planner, udah tentu jawabannya pergi haji dulu baru ke singapura.

3.       Produk keuangan
Nah kalo dari segi produk keuangan, jelas banget nih, umumnya produk² yang dipake itu produk yang berembel² syariah atau amanah. Hihihi. Kunci utama produk² keuangan yang syariah itu, gk mengandung unsur² yang dilarang dalam Islam. Larangan²nya antara lain gk boleh mengandung riba (tambahan atas utang); gk boleh gharar (gk jelas); gk boleh bersifat judi; gk boleh ada maksiat di dalamnya; dan gk boleh objeknya haram.

Contohnya gimana? Misal, kita mau investasi di reksadana pake produk RD XYZ. Setelah kita cari tau, ternyata RD XYZ itu, perusahaannya bergerak di bidang produksi kertas. Sampe sini, kesimpulannya halal dong? Etapiii begitu dicari tahu lebih lanjut, gk taunya perusahaan XYZ itu penghasilannya lebih banyak di dapat dari penjualan kertas kepada pabrik rokok! Nah loh. Jatuhnya jadi haram deh. Trus gimana dong nentuin RD yang beneran syariah sama yang gk? Itu lah gunanya ada DSN. Jadi, pemerintah itu ngebentuk yang namanya Dewan Syariah Nasional alias DSN. DSN ini tugasnya untuk memilah milih juga memantau perusahaan² mana yg masuk ke kriteria syariah. Jadi, kalo mau invest di RD, cari aja referensinya di daftar yang dikeluarin DSN trus analisis sendiri deh, kira² perusahaan itu bagus apa gk buat kita investasiin.

4.       Hukum Waris
Salah satu elemen penting dalam IFP adalah perencanaan waris. Hukum yang dipake udah tentu hukum Islam, bukan hukum adat. Kenapa perlu buat di rencanain? Ya karena, waris itu termasuk salah satu yang sensitive dan lebih baik ada pihak ketiga yang netral dan bisa menengahi untuk menghindari terjadinya gesekan² dalam keluarga terkait waris ini. *jadiingetkasusAlm.AdeNamnung* Maaf ni, saya kurang gitu ngedengerin pas bagian ini, jadi gk bisa ngasi ulasan lebih lanjut yah. Hihihi.

Wew..baru satu materi udh panjiang bener ini tulisan..materi yang lain di pisah ke post berikutnya yah..see yaa..

Comments

  1. can't wait....can't wait...can't wait... buat lanjutannya, hehehe...

    nice inpoh,, smgt yah nulis sekuelnyah, ^^

    ReplyDelete
  2. hihihi..siaapp..insyaAllah dikebut..hehe..
    btw, klo baca dr bio blog nya, ada yg tax officer, siapa? dirimukah? atw misua? senasib nih..me tax person too.. :D

    ReplyDelete
  3. iyah gueeeehh,,,,tax officer,,hohohoh
    dunia kita gak jauh2 ya bu ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

To Dentist We Go

Akar Reflexology & Relaxation